Sumut Miliki Kebun Kelapa Sawit Terbesar Kedua

KENCANBUTA – Propinsi Sumatera Utara (Sumut) terdaftar juga sebagai Propinsi dengan luas lokasi perkebunan kelapa sawit paling besar ke-2 di Indonesia, sesudah Propinsi Riau.

Sumut terdaftar mempunyai 1, 1 juta hektare (ha) kebun kelapa sawit. Jumlah itu meraih 24 % dari keseluruhan lokasi daratan Sumatera Utara, yang meraih 72 ribu km persegi.

” Kita dibawah Riau yang wilayahnya perkebunan kelapa sawitnya meraih 2 juta hektare. Tetapi demikian, kita selalu menyusul lantaran ada gagasan menambahkan sampai meraih 1, 8 juta ha hingga th. depan. Menambahkan itu untuk penuhi keperluan industri dalam negeri, bersamaan dengan berjalannya proyek MP3EI, di Lokasi Ekonomi Spesial Sei Mangkei, ” tutur Kepala Dinas Perkebunan Sumut, Herawati, Rabu (22/10/2014).

Herawati memberikan, menambahkan jumlah tempat perkebunan sawit hanya salah satu gagasan pemerintah Sumatera Utara di bidang perkebunan. Pemerintah akan selalu mendorong selalu timbulnya inovasi serta tehnologi mesin-mesin pengelola kelapa sawit, hingga hasil produksi dapat dinaikkan, namun dengan cost yang lebih efektif.

” Menambahkan luas kebun ditambah dengan inovasi alat pengolahnya, bakal bikin Sumatera Utara lebih sejahtera. Namun tentu mesti diimbangi dengan pendirian industri hilir yang baik, ” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *