Ekspor Kopi RI ke Eropa Tembus Rp4,6 Triliun

KENCANBUTA – Impor kopi Uni Eropa dari dunia sepanjang periode 2009-2013 tumbuh dengan trend sebesar 8, 5 % per th.. Sesaat impornya dari Indonesia naik 3, 5 % per th..

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak menyampaikan, Indonesia adalah negara kesembilan eksportir kopi ke Eropa dengan market share sebesar 2, 6 % serta nilai sebesar USD380, 7 juta atau Rp4, 6 triliun (kurs Rp12. 105 per USD), dari keseluruhan nilai impor kopi Uni Eropa pada th. 2013.

Kecilnya presentasi market share kopi Indonesia itu menginsyaratkan masih tetap besarnya kesempatan pasar kopi di Uni Eropa yang bisa dicapai serta pentingnya penambahan ekspor kopi Indonesia, baik dari sisi kwalitas ataupun jumlah.

” Sekarang ini, beberapa besar kopi di Uni Eropa diimpor dari Brasil sebesar 17 %, Swiss 12 %, Vietnam 10, 5 %, Jerman 9 %, serta Italia 6 %, ” kata Nus dalam info tertulisnya, Minggu (19/10/2014).

Kopi yang paling banyak diimpor oleh Uni Eropa dari negara berkembang biasanya adalah green beans. Adapun roasted beans yang diimpor oleh Uni Eropa datang dari negara-negara anggota Uni Eropa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *