Awal Juni, Newmont Turunkan Produksi Tembaga dan Emas

Awal Juni, Newmont Turunkan Produksi Tembaga dan Emas

PT Newmont Nusa Tenggara akan mengurangi produksi tembaga dan emas pada awal 1 Juni 2014 mendatang. Hal ini dipicu, fasilitas penimbunan bijih tembaga di Batu Hijau, Sumbawa Barat, akan penuh pada akhir Mei 2014.

Presiden Direktur Newmont, Martiono Hadianto, Rabu 7 Mei 2014, menjelaskan bahwa penurunan produksi ini disebabkan aturan pemerintah yang melarang ekspor barang tambang mentah.

“Kami mendukung tujuan pemerintah untuk meningkatkan proses industri domestik. Tetapi, (kondisi) ini sangat tidak menguntungkan dan ini situasi yang sulit bagi kami,” kata dia dalam keterangan tertulisnya.

Dalam Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba) pemerintah mewajibkan hasil tambang diolah terlebih dahulu melalui pabrik pemurnian (smelter) untuk memberikan nilai tambah sebelum diekspor.

Menurut Martiono, Newmont telah bekerja sama dengan PT Smelting di Gresik untuk mengolah bijih tembaga milik Newmont. Tetapi, hasil tambang Newmont tidak bisa diserap sepenuhnya oleh smelter tersebut.

Dengan pengumuman penurunan produksi ini, Martiono menambahkan, sekaligus menegaskan akan ada pengurangan jumlah pekerja. (asp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *