kecanduan sex

Apakah Kamu Kecanduan Sex?

Ciri Kamu Kecanduan Sex

Kencanbuta.org – Kecanduan seksual paling baik digambarkan sebagai gangguan keintiman progresif yang ditandai oleh pikiran dan tindakan seksual kompulsif. Seperti semua kecanduan, dampak negatifnya pada pecandu dan anggota keluarga meningkat seiring dengan meningkatnya gangguan. Seiring waktu, pecandu biasanya harus mengintensifkan perilaku kecanduan untuk mencapai hasil yang sama.

Untuk beberapa pecandu seks, perilaku tidak berkembang melampaui masturbasi kompulsif atau penggunaan luas layanan pornografi. Bagi yang lain, kecanduan bisa melibatkan kegiatan ilegal seperti eksibisionisme, voyeurisme, sexting, penganiayaan anak atau pemerkosaan.

Pecandu seks tidak lantas menjadi pelanggar seks. Apalagi tidak semua pelanggar seks adalah pecandu seks. Sekitar 55 persen dari pelanggar seks yang dihukum dapat dianggap sebagai pecandu seks.

Sekitar 71 persen penganiaya anak adalah pecandu seks. Bagi banyak orang, masalah mereka sangat parah sehingga pemenjaraan adalah satu-satunya cara untuk memastikan keselamatan masyarakat terhadap mereka.

Masyarakat telah menerima bahwa pelanggar seks bertindak bukan untuk pemuasan seksual, tetapi lebih karena kebutuhan akan kekuasaan, dominasi, kontrol atau pembalasan, atau ekspresi kemarahan yang menyimpang. Namun, baru-baru ini, kesadaran akan perubahan otak dan penghargaan otak yang terkait dengan perilaku seksual telah membuat kita memahami bahwa ada juga dorongan seksual yang kuat yang memotivasi pelanggaran seksual.

Kecanduan Sex Menurut Ahli

Candu Sex

Dewan Nasional sudah memberikan definisi kecanduan seksual sebagai pola perilaku seks yang meningkat secara konstan meskipun adanya konsekuensi negatif yang juga meningkat yang akan dihadapi oleh diri sendiri dan orang sekitarnya. Ini menggambarkan bahwa seseorang yang kecanduan sex akan terus terlibat dalam perliaku sexual tertentu walaupun mereka tahu ada resiko yang akan dihadapi seperti kesehatan (STD, HIV / AIDS, dan lain-lain), masalah keuangan, masalah dengan hubungan dengan orang disekitarnya, dan bahkan penangkapan oleh pihak berwajib.

Baca Juga: Berbagai Sex Toys Untuk Pemula

Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Jiwa, Volume Empat menggambarkan kecanduan seks, di bawah kategori “Gangguan Seksual Tidak Dinyatakan,” sebagai “kesusahan tentang pola hubungan seksual yang berulang yang melibatkan suksesi kekasih yang dialami oleh individu hanya sebagai benda untuk digunakan.” Menurut manual, kecanduan seks juga melibatkan “pencarian kompulsif untuk banyak pasangan, pemaksaan kompulsif pada pasangan yang tidak terjangkau, masturbasi kompulsif, hubungan cinta kompulsif dan seksualitas kompulsif dalam suatu hubungan.”

Perilaku kompulsif seperti sexting, video call sex, dan lain-lain merupakan tipikal kecanduan seks. Tetapi kecanduan-kecanduan lainnya ini, termasuk ketergantungan pada narkoba, alkohol, dan perjudian, melibatkan zat atau kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan kelangsungan hidup kita. Misalnya, kita bisa hidup normal dan bahagia tanpa pernah berjudi, minum obat terlarang, atau minum alkohol. Bahkan orang yang paling rentan secara genetik akan berfungsi dengan baik tanpa pernah terpapar, atau terprovokasi oleh, kegiatan adiktif ini.

Aktivitas seksual berbeda. Seperti halnya makan, berhubungan seks diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia. Meskipun beberapa orang selibat – beberapa tidak karena pilihan, sementara yang lain memilih selibat karena alasan budaya atau agama – manusia yang sehat memiliki keinginan kuat untuk berhubungan seks. Bahkan, kurangnya minat atau rendahnya minat dalam seks dapat menunjukkan masalah medis atau penyakit kejiwaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *