Aksi Presiden Jokowi Disaluti Lima Media Asing

Aksi Presiden Jokowi Disaluti Lima Media Asing

KENCANBUTA – Tingkah ‘nakal’ kapal China yang kembali masuk dan memancing di perairan Natuna disikapi Presiden Joko Widodo secara tegas dengan mendatangi segera lokasi yang diklaim Beijing masuk dalam lokasi sembilan garis putus mereka. Tidak tanggung, Jokowi segera mengadakan Rapat terbatas Presiden Joko Widodo di Kapal Republik Indonesia (KRI) Imam Bonjol.

Tindakan turun segera memperoleh sanjungan penuh tidak cuma di mata lokal tetapi juga internasional. Ini bukan tindakan kali pertama sang presiden ke-7 Indonesia yang memperoleh animo umum dunia. Sosok Jokowi dinilai sebagai seseorang yang mumpuni sebagai kepala negara, merakyat, tegas, dan tidak pandang bulu.

Berikut sejumlah media asing yang sering puji Jokowi yang dikumpulkan dari bermacam sumber :

1. Malaysia mengakui sangat perlu Jokowi
Keadaan Malaysia semakin memanas mendekati penentuan umum April yang akan datang. Warga Malaysia menyoroti keadaan perpolitikan di negerinya yang semakin lebih buruk.

Mereka mengakui inginkan sosok seperti Joko Widodo (Jokowi), gubernur Ibu Kota Jakarta, saat ini.

Syed Nadzri Syed Harun, seseorang kolumnis Malaysia, menulis mengenai keadaan negeri jiran itu mendekati pemilu dihubungkan dengan sepak terjang Jokowi. Tulisan Syed Nadzri Syed Harus ditulis oleh kencanbuta.

Tulisan Nadzri berjudul, Wanted badly : A Malaysian Jokowi. Dalam tulisannya Nadzri mengutip cerita Jokowi dalam majalah The Economist dan surat berita The Wall Street Journal akhir Januari lalu. Dia menyampaikan, Jokowi yang baru menjabat Gubernur Jakarta akhir Oktober tahun lalu lebih mengutamakan kerja riil daripada repot dengan masalah politik.

” Jokowi bahkan ingin masuk ke gorong-gorong dan berkunjung ke daerah kumuh dan berbicara dengan rakyat miskin mengenai akses kesehatan dan pendidikan, ” catat Nadzri.

Jokowi, kata dia, juga segera turun tangan mengatasi banjir besar yang merendam Jakarta bulan lalu. ” Dia lebih mengutamakan tindakan riil untuk mengatasi banjir, ” sekian tulisan Nadzri, beberapa mengutip artikel The Economist dia.

2. Jokowi jadi sampul depan majalah TIME : A NEW HOPE
Presiden dipilih Joko Widodo jadi cover majalah TIME. Majalah popular asal Amerika Serikat tersebut menulis Jokowi dan demokrasi Indonesia dalam edisi yang akan terbit 27 Oktober 2014.

TIME menuliskan Jokowi sebagai harapan baru masyarakat Indonesia dan dunia. ‘A NEW HOPE’.

Mereka melukiskan Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim paling besar dengan beberapa ratus etnis dan budaya telah pilih Jokowi sebagai presiden dalam Pemilu 2014.

TIME menuliskan cerita Jokowi dalam satu penerbangan dalam kabin kelas ekonomi pesawat Garuda Indonesia Jakarta-Solo. Di ketinggian 42. 000 kaki, seseorang pria memohon satu gelas susu pada pramugari lalu menyenderkan kepalanya untuk beristirahat.

Seseorang gadis kecil berumur 5 tahun mengetahui pria kurus itu. Dia berkata dengan riang.

” Itu Pak Jokowi! Dia satu pesawat dengan saya, ” kata Shakira, gadis kecil tersebut.

3. Jokowi dinilai responsif terhadp tindakan teror
Teror bom di Jalan MH Thamrin, Jakarta pada awal tahun ini menarik perhatian dunia dan disebut nyaris sama juga dengan Paris Attack 13 November 2015. Tanggapan sigap dari Presiden Jowo Widodo yang datang segera ke tempat ke jadian juga tidak luput dari sorotan media lokal dan internasional.

Seperti ditulis kencanbuta, pada 16 Januari 2016. Dalam judul tulisan, Presiden Jokowi dinilai sangat cepat tanggap pada insiden terorisme. Bukan memberi komando akan perang pada ajaran radikal agama spesifik, namun lebih pada perintah untuk jajarannya supaya segera membekuk pelaku teror sampai ke akar dan mengimbau supaya masyarakat Indonesia tidak bisa cemas akan kondisi yang berlangsung, yang mana jadi maksud paling utama pelaku teror.

” Dia (Jokowi) tidak menyebutkan kalau Indonesia sedang berperang dengan Negara Islam, Islam radikal, atau terorisme. Dia tidak tunjukkan hari esok Indonesia sedang dipertaruhkan. Dia tidak memberikan peringatan, ” seperti yang ditulis.

4. Di koran Singapura menteri Malaysia sebut Jokowi adalah inspirasi
Datuk Seri Mustapa mengakui terang-terangan kagum pada style kerja Jokowi. Dia menulis dalam satu artikel yang dimuat di Straits Times mengenai ide seseorang Jokowi. Artikelnya berjudul Jokowi’s work ethic is an inspiration.

Datuk Seri Mustapa mengakui pernah berdiskusi dengan Jokowi di tempat tinggalnya di Kuala Lumpur. Saat itu Jokowi masih menjabat sebagai wali kota Solo. Diskusi itu ditemani dengan secangkir teh dan kerupuk.

Datuk Seri Mustapa mengakui banyak bertukar pendapat mengenai pengalaman berpolitik dan birokrasi dengan Jokowi. Kehebatan Jokowi, menurutnya adalah menerapkan pengalaman sebagai enterpreneur di bisnis mebel kedalam tingkah laku saat menjabat sebagai wali kota Solo.

” Jokowi mengutamakan utamanya masyarakat merasa diberdayakan, cuma dengan cara itu mereka akan mensupport gagasan pemerintah daerah, ” tulisnya.

5. Sindir Duterte, koran Filipina muat kartun Jokowi ‘galak’ pada China
Koran the Manila Times kemarin berisi gambar karikatur Presiden Jokowi yang dipertunjukkan sedang melawan Naga (China). Di kartun itu Jokowi digambarkan menggunakan pakaian besi membawa pedang dan tameng seperti prajurit jaman dulu.

Jokowi yang bermuka galak tampak sedang melompat sembari bersiap mengayunkan pedang ke arah seekor naga besar yang samakan dengan China. Sementara Presiden Filipina Rodrigo Duterte tampak ada di belakang Jokowi dengan muka sendu sembari membawa bendera putih sinyal menyerah (pada China).

Aksi Jokowi mengadakan rapat terbatas yang di hadiri sejumlah menteri, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepala Angkatan Laut, dilihat sebagai sikap tegas Indonesia dalam merespon klaim China di lokasi itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *