5 Batu karang laut paling unik di muka bumi

KENCANBUTA – Kolom basal yaitu salah satu formasi batuan dengan bentuk paling unik yang pernah ada di muka bumi. Batu-batu karang ini biasanya terbentuk lantaran sistem vulkanik yang berlangsung di saat lampau. Umumnya kolom basal sama-sama terhubung membuat formasi batu tunggal di dekat perairan. Ada yang berupa mirip prisma, balok, bahkan juga sisik. Seluruhnya menghadirkan kekhasan lansekap untuk siapa saja yang melihat.

Di bawah ini kami tunjukkan sebagian karang laut yang terbentuk dari kolom basal paling mengagumkan didunia yang dirangkum dari The World’s Geography serta sumber-sumber yang lain.

 

Ghenh Da Dia, Vietnam

1. Ghenh Da Dia, Vietnam
Ghenh Da Dia yaitu batu karang unik yang penuhi pinggir pantai An Ninh Dong, Tuy An, Propinsi Phu Yen, Vietnam. Batu karang ini tersusun dari beberapa puluh ribu batu berwarna cokelat kehitaman yang berupa prisma. Permukaan batu-batu yang datar mirip piring bikin baru karang itu dinamakan Ghenh Da Dia yang bermakna ‘tebing piring makan’. Menurut website Vietnam Tourism, batu-batu karang ini terbentuk lantaran letusan gunung berapi pada zaman purba.

Batu karang Ghenh Da Dia melingkari suatu kolam air tawar di pinggir pantai yg tidak pernah jadi kering. Menurut mitos yang diakui masyarakat setempat, kolam itu bersumber dari sungai bawah tanah.

 

 

Los Organos, Spanyol

2. Los Organos, Spanyol
Di Kepulauan Canary, tepatnya dibagian utara pantai La Gomera, Spanyol juga ada deretan batu karang unik yang dinamai Los Organos. Diberi nama sekian lantaran batu karang itu bila dipandang sepintas terlihat seperti pipa-pipa organ raksasa.

Sama dengan Ghenh Da Dia, batu karang ini dapat terbentuk lantaran sistem vulkanik yang berlangsung jutaan th. lantas. Letusan materi vulkanik yang kuat bikin endapan lava beralih bentuk jadi pilar-pilar karang dengan ketinggian meraih 800 mtr.

 

Tebing Jusangjeolli, Korea Selatan

3. Tebing Juiceangjeolli, Korea Selatan
Tebing Juiceangjeolli yaitu formasi batu karang yang menghiasi pantai selatan Pulau Jeju, Korea Selatan. Masyarakat setempat juga menyebutkan formasi yang tersusun dari beberapa ribu kolom heksagonal itu dengan nama Batu Jisatgae.

Karang unik ini kerap dimaksud Giant’s Causeway-nya Korea Selatan. Tebing Juiceangjeolli terbentuk dari letusan Gunung Hallasan, gunung paling utama yang ada di seputar Pulau Jeju pada zaman purba.

 

Giants Causeway, Irlandia

4. Giants Causeway, Irlandia
Formasi kolom basal paling populer didunia mungkin yaitu Giant’s Causeway. Giant’s Causeway adalah jejeran batu karang unik yang ada di County Antrim, pantai timur laut Irlandia Utara. Batu karang disini tersusun dari kolom-kolom basal berupa prisma sisi enam. Ada juga yang berupa prisma sisi empat, lima, tujuh, atau delapan. Menurut UNESCO World Heritage Centre, kolom-kolom basal ini terbentuk lantaran letusan gunung berapi yang berlangsung pada zaman purba.

Namun narasi rakyat yang berkembang di dalam orang-orang malah mengatakan Giant’s Causeway juga sebagai puing jembatan batu yang di bangun raksasa dari zaman purba. Menurut Atlas Obscura, legenda kuno Irlandia menyebutkan bila karang ini adalah ujung dari suatu jembatan besar kuno yang menghubungkan Irlandia serta Skotlandia. Konon ujung dari jembatan ini yaitu Gua Fingal di Skotlandia yang juga mempunyai ciri khas kolom-kolom basal berupa prisma sisi enam.

 

Watu Ulo, Indonesia

5. Watu Ulo, Indonesia
Watu Ulo yaitu nama suatu pantai populer di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia. Pantai itu diberi nama Watu Ulo yang disebut bhs Jawa dari kata ‘batu ular’, lantaran di tepinya ada suatu batu karang yang mempunyai bentuk seperti ular. Batu bersisik itu memanjang dari tepi pantai sampai ke bibir laut.

Selama ini belum ada riset yang dikerjakan untuk menyelidiki asal-usul batu karang berupa sisik sebagai daya tarik paling utama Watu Ulo itu. Tetapi legenda setempat mengatakan bila batu itu yaitu jelmaan badan ular naga yang terbelah. Konon sisi kepala serta ekornya menyebar di dua pantai lain di Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *