Bahaya-minum-air-es

Sering Minum Air Es? 4 Bahaya Ini Mengintai Kamu

Kencanbuta-  Saat panas terik meminum air es memang menjadi solusi jitu untuk melepas dahaga, namun meskipun terasa menyegarkan, rutin minum air es bukanlah kebiasaan yang baik karena dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan yang membahayakan tubuh.

Berikut adalah alasan mengapa kamu tidak boleh minum air es atau air dingin terlalu sering:

SBCC-720X90-DDC
1. Mengganggu pencernaan

Minum air es atau air dingin menghambat proses pencernaan makanan karena menyebabkan pembuluh darah mengerut. Hal ini bisa memperlambat proses pencernaan. Makanan tidak dicerna dengan baik sehingga nutrisi yang terkandung pada makanan akan hilang atau tidak diserap tubuh.

2. Menghilangkan nutrisi

Suhu tubuh normal adalah 37 derajat celsius. Ketika Anda minum sesuatu pada suhu yang sangat rendah, tubuh harus mengeluarkan energi untuk mengatur suhu secara normal. Energi yang dihabiskan ini digunakan untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi. Efek tersebut membuat tubuh kekurangan nutrisi.

SBCC-720X90-DDC

3. Berisiko terkena sakit tenggorokan
Minum air dingin bisa menyebabkan penumpukan mukosa atau lapisan pelindung saluran pernapasan. Saat lapisan ini memuat banyak aliran darah, saluran pernapasan terpapar dan rentan kena berbagai infeksi. Oleh karena itu, kemungkinan batuk tenggorokan pun menjadi sangat tinggi.

4. Menurunkan detak jantung

Minum air es atau air dingin menurunkan detak jantung. Studi telah menunjukkan, minum air es merangsang saraf vagus. Saraf vagus adalah saraf kranial ke-10, yang berperan penting pada sistem saraf otonom tubuh untuk mengendalikan tindakan tubuh secara responsif.

Saraf vagus memengaruhi penurunan detak jantung. Ketika Anda minum air es atau air dingin, suhu rendah air tersebut akan menstimulus ke saraf, yang menyebabkan denyut jantung turun.

SBCC-720X90-DDC

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *