126655-begini-cara-bedakan-tahi-lalat-biasa-dan-tahi-lalat-kanker

Periksa Tahi Lalat Sendiri untuk Mencegah Kanker Kulit

Kencanbuta- Dr Sri Prihianti Gondokaryono SpKK, dari RS Pondok Indah, menjelaskan bahwa salah satu tanda yang paling mudah dan umum ditemukan sebagai tanda awal kanker kulit adalah tahi lalat yang tak biasa.

“Kanker banyak macamnya, termasuk gejalanya. Tapi yang perlu diwaspadai oleh orang-orang di negara tropis adalah gejala seperti tahi lalat. Yang membedakannya dari tahi lalat biasa adalah tahi lalat ini mudah berdarah, gatal, dan warnanya bisa berubah. Jadi kalau kita punya tahi lalat dengan ciri-ciri yang disebutkan tadi, harus segera waspada,” pesannya.

SBCC-728x90

Selain melakukan Sakuri, Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) ini juga mengingatkan agar kita selalu melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan menggunakan proteksi yang cukup dan memastikan kulit tetap sehat.

“Untuk menjaga kulit tetap sehat, kita disarankan untuk menggunakan tabir surya setiap kali akan beraktivitas di luar ruangan dalam waktu cukup lama di siang hari. Selain itu, perawatan kulit dan gaya hidup secara keseluruhan juga akan menjaga diri kita terhindar dari risiko kanker kulit,” katanya.

SBCC-728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *