swim-fast

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Dan Fisik Tubuh

manfaat-berenang-bagi-wanitaManfaat Berenang Bagi Kesehatan Dan Fisik Tubuh

Pernahkah Anda menyaksikan Olimpiade dan menemukan diri Anda kagum pada perenang profesional? Tinggi, ramping dan kencang, tubuh berotot mereka tampaknya meluncur dengan mudah dalam air.

Perenang berada dalam postur tubuh yang fantastis dan mereka yang berenang secara teratur tahu bahwa mereka tidak hanya tampak hebat di luar tetapi juga merasakan sebagai besar dari dalam. Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Dan Fisik Tubuh  hampir tak tertandingi oleh kebanyakan olahraga lainnya.

Mengapa renang sangat bagus?

Berenang  mempunyai arti bekerja seluruh tubuh Anda, meningkatkan pengkondisian kardiovaskular, kekuatan otot, daya tahan, postur, dan fleksibilitas semua pada waktu yang sama. Manfaat khususnya pada sistem kardiovaskular Anda karena berenang meningkatkan oksigen pada tubuh Anda tanpa memperberat kerja hati Anda.

Ketika Anda berenang lebih lama dan Anda lebih bugar, denyut jantung saat istirahat Anda dan tingkat pernafasan Anda akan berkurang, membuat aliran darah ke jantung dan paru-paru lebih efisien. Jika Anda mencari cara untuk menurunkan  berat badan, maka berenang adalah jawabannya.

Rata-rata, perenang dapat membakar banyak kalori dalam satu jam sebagaimana seorang pelari yang berlari enam mil dalam satu jam. Sederhananya, latihan berenang merupakan sebuah latihan yang sempurna.

Manfaat Tambahan Dari Berenang

  • Menyegarkan Seluruh Tubuh

Berenang menggerakkan tubuh bagian atas dan bawah Anda hampir semua otot tubuh di gunakan dalam sekali latihan. Gerakan yang paling baik untuk melatih tubuh kita adalah bereang gaya bebas, gaya dada, dan gaya punggung.

  • Resiko Cedera Rendah

Resiko cedera dalam berenang sangat rendah di karenakan tidak ada tekanan pada tulang, sendi atau jaringan ikat karena daya apung dan fakta bahwa Anda menimbang 1/10 kurang dari air. Jika Anda sedang mencari aman dari latihan rutin setiap hari, berenang sangat ideal. Banyak atlet melengkapi latihan mereka dengan berenang.

  • Dampak Latihan Rendah

Begitu banyak orang mendapatkan keuntungan dari berenang. Berenang sangat bermanfaat bagi wanita hamil karena membantu memperkuat otot bahu dan perut, yang dapat tegang saat membawa bayi. Orang tua, wanita yang telah memiliki mastektomi dan mereka pulih dari cedera sering beralih pada latihan berenang atau aerobik air karena berdampak rendah, membantu mengendurkan otot kaku dan tidak menahan beban. Berenang juga meningkatkan sirkulasi.

  • Meningkatkan Tekanan Darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan rutin yang mencakup renang dapat membantu mengurangi dan mungkin mencegah tekanan darah tinggi, dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Mengurangi Stress

Berenang membawa perasaan sangat santai karena memungkinkan lebih banyak oksigen mengalir ke otot Anda dan memaksa Anda untuk mengatur pernapasan Anda. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Tubuh kita terdiri dari air sekitar 60% sehingga tidak heran mengapa beberapa merasa seimbang saat berada di air.

Sekarang saatnya Anda memiliki pakaian renang dan juga tabir surya. Cari kolam renang terdekat, danau ataupun laut. Karena Anda telah mengetahui apa saja yang menjadi manfaat yang baik dari berenang.

Anda bisa melakukan nyelam dan berenang di pagi hari, beberapa lap untuk memulai hari Anda sehingga Anda merasa segar, ataupun berenang di malam hari untuk melepaskan semua stress Anda selama seharian.

Jadi mengapa tidak membuat berenang merupakan bagian dari rutinitas olahraga teratur Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *