INTIP Keindahan Alam Yang Ada Pada Kawasan Indonesia Timur

INTIP Keindahan Alam Yang Ada Pada Kawasan Indonesia Timur

KENCAN BUTA –  PT Garuda Indonesia saat ini tengah mengerjakan video perihal keindahan alam, tempat wisata, sampai kekayaan budaya Indonesia bagian Timur. Sekurang-kurangnya ada 44 destinasi di 14 kabupaten serta kota baik di Pulau Kalimantan, Sulawesi, Maluku, serta Papua, yang tengah digodok untuk jadi materi untuk video-video itu. Video jadi salah satu media promosi pariwisata Indonesia yang dikemas Garuda.

Maskapai penerbangan Garuda mengklaim sudah lama mengambil bagian dalam pengembangan pariwisata di Indonesia. Kesempatan ini, Garuda mengemas promosi wisata Indonesia sisi Timur dengan tagline “Explore The Beauty of East Indonesia”. Video yang di buat jadi inflight entertainment. “Video bakal disiarkan di monitor kursi penumpang dalam pesawat kami. Semasing video seputar 4 sampai 5 menit. Jadi ada keindahan Borneo sendiri, Sulawesi, Maluku, serta Papua, ” kata GM Branch Office Biak, I Wayan Supatrayasa di Balikpapan, Kalimantan Timur, kepada www.kencanbuta.org.

Potensi wisata Indonesia Timur termasuk tertinggal. Destinasi wisata di timur sejatinya tidak kalah indah di banding Indonesia di belahan lain. Garuda kesempatan ini mempunyai usaha mengangkat keindahan destinasi di Timur Indonesia. Sebutlah gugus Pulau Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan timur. Lantas Bukit Bengkirai sampai Museum Mulawan di Kutai Kartanegara.

Pasar terapung Sungai Martapura di pusat Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Tidak sama dengan pasar terapung yang lain di Kalsel, pasar terapung yang baru ada satu tahun ini berniat diselenggarakan setiap minggu pagi bersamaan dengan aktivitas car free day.

Kalimantan timur juga makin di kenal karena gelaran Iraw Tengkayu, wisata danau sisa tambang di Tarakan, bahkan juga makanan memiliki bahan kepiting jadi andalan promosi untuk Balikpapan. Pasar Terapung di Banjarmasin serta Loksado mengangkat nama Kalsel didunia pariwisata. Begitupun dengan rumah betang di Palangkaraya, wisata menyusur Sungai Kahayan, serta taman nasional Tanjung Puting mengangkat nama Kalimantan tengah.

Disamping itu, Kalimantan barat mempunyai eksotika Singkawang sampai Tugu Katulistiwa di Pontianak. Potensi-potensi wisata ini rencananya bakal jadi materi dalam video inflight entertainment Garuda. “Di Kapuas Hulu Kalimantan barat juga ada tempat budidaya (ikan) Arwana, ” kata Wayan.

Disamping itu di belahan pulau lain juga menaruh destinasi eksotik. Sebutlah Pantai Losari serta Benteng Rotterdam di Sulawesi Selatan, juga Toraja dengan kehidupan adatnya. Sulawesi Tenggara populer dengan Wakatobi. Sulawesi Utara tidak kalah dengan keindahan Kota Bunga Tomohon. Belum lagi di kepulauan Maluku yang memercayakan Batu Angus di kaki Gunung Gamalama di Ternate Maluku Utara. Keindahan bawah laut di Raja Ampat di Papua Barat sampai Lembah Baliem di Papua, akan jadi salah satu tayangan istimewa dalam video promosi dari Papua kelak.

 

Puncak acara Festival Danau Sentani ke-7, 2014, seperti festival pada awal mulanya, berbentuk pemaparan tari-tarian peragaan upacara-upacara adat. Tarian biasanya mengambarkan aktivitas rumah tangga kebiasaan, yaitu berburu, menjala ikan, serta bersukur pada Sang Pencipta

“Selama ini kekayaan sumber daya alam Indonesia Timur saja yang dieksploitasi. Semestinya dapat pula keindahan alam di Timur dapat dieksploitasi juga sebagai destinasi wisata, ” kata GM Branch Office Balikpapan, Joseph Adrian Saul.

Video jadi salah satu media promosi yang tengah dikerjakan serius oleh Garuda dengan pemerintah daerah di ke empat pulau di Indonesia dibagian Timur ini. Terkecuali video, dikemas juga media promosi lain sampai paket-paket wisata ke masing-masing daerah. Garuda mengharapkan, pemerintah juga semangat dalam usaha promosi Indonesia Timur ini.

Perkebunan bunga aster dengan latar belakang Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, sekian waktu lalu. Budidaya bunga serta sayuran jadi salah satu mata pencarian masyarakat di Kota Tomohon yang dikelilingi gunung api aktif serta berhawa sejuk.
Pemerintah setempat diinginkan berikan support berbentuk melengkapi beragam obyek wisata dengan sarana yang ideal, dari mulai masalah infrastruktur ke setiap destinasi sampai infrastruktur dalam destinasi tersebut, seperti MCK yang memadai.

200 Armada

Vice President Domestic Region IV Rosyinah Manaf menyampaikan, Garuda mempunyai gagasan mempunyai 200 armada pesawat sampai akhir 2015 ini. Dengan jumlah pesawat itu, Garuda harus berusaha keras penuhi tujuan penumpang. Satu diantaranya, Garuda bakal buka semakin banyak lagi penerbangan ke Indonesia sisi Timur.

Wisatawan mancanegara berkunjung ke Benteng Tolucco di Ternate, Maluku Utara. Benteng yang di bangun oleh Francisco Serao pada 1540 ini dapat kerap dimaksud Benteng Holandia atau Santo Lucas.

Garuda lalu pilih lebih serius ikut serta dalam mempromosikan wisata lokasi Indonesia Timur. Dengan penambahan peminat wisata ke belahan Timur, Garuda mengharapkan dapat wujudkan tujuan membuka banyak penerbangan di nusantara terutama lokasi Timur. Promosi wisata garapan Garuda tidak cuma untuk wisatawan lokal, namun terutama untuk mancanegara.

Garuda merencanakan mempromosikan keindahan Indonesia Timur kelima negara, yaitu Singapura, Tiongkok, Belanda, Inggris, sampai Australia. Dalam rencananya, Garuda, pemerintah kabupaten/kota, serta beberapa tur travel agent, bakal lakukan pameran lebih dahulu ke beberapa daerah di Indonesia baru lalu promosi ke beragam negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *