Hore! Akhirnya Jakarta Resmi Punya MRT. Ini Tanggal Peresmiannya - Kencanbuta.org

Hore! Akhirnya Jakarta Resmi Punya MRT. Ini Tanggal Peresmiannya

Kencanbuta.org – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan pengoperasian kereta moda raya terpadu (MRT) Jakarta pada akhir pekan ini. Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengonfirmasi tanggal peresmian pengoperasian MRT Jakarta rencananya pada tanggal 24 Maret 2019 mendatang.

“Sementara demikian,” kata William, Selasa (19/3/2019).

Rencananya, Jokowi akan meresmikan MRT Jakarta di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI). Jadwal peresmian ini sesuai yang diproyeksikan di awal yakni pada rentang tanggal 24-31 Maret 2019.

Saat ini uji coba publik masih terus berlangsung. Rencananya uji coba publik dilakukan sampai tanggal 24 Maret 2019. Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta, Muhammad Kamaludin, mengatakan jika akhirnya tanggal peresmian ditetapkan 24 Maret 2019, maka masyarakat bisa tetap mengikuti uji coba sesuai jadwalnya seperti biasa.

“Kalau 24 sudah ditetapkan, ya sudah jalan seperti yang sudah ditetapkan,” katanya.

Sementara itu menjelang diresmikannya pengoperasian MRT Jakarta, penetapan tarif di DPRD DKI Jakarta hingga saat ini masih terus berlangsung. Diketahui pada pekan ini pembahasan akan lebih intens.

Pemprov DKI Jakarta sebelumnya mengusulkan tarif Rp 10.000 per penumpang untuk MRT Jakarta fase 1 sepanjang 15,7 km. Dengan tarif tersebut, APBD Pemprov DKI harus menggelontorkan subsidi Rp 572 miliar untuk MRT setiap tahunnya.

Adapun masa komersial MRT Jakarta sendiri dijadwalkan dimulai pada 1 April 2019. Artinya kemungkinan MRT Jakarta masih akan bebas tarif alias gratis sebelum tanggal tersebut.

Link Alternatif Daftar Jayapoker

Link Alternatif Daftar Jayapoker

Jokowi Menjajal MRT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal moda raya terpadu (MRT) Jakarta. Jokowi mengaku senang melihat antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap moda transportasi massal berbasis rel tersebut.

“Wuaaah, Kita senang bahwa MRT ini disambut begitu sangat antusias,” kata Jokowi dalam perjalanan MRT dari Stasiun Bundaran Lebak Bulus ke Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Jokowi berharap ke depan masyarakat banyak yang beralih menggunakan MRT. Mengingat perjalanan MRT dan waktu tunggunya sangat cepat.

“Contohnya, beberapa orang tadi mau makan dari HI turun di Senayan, nggak ada 10 menit nanti balik lagi ke kantornya lebih cepat. Saya kira ini sekali lagi ini adalah budaya baru, peradaban baru yang harus mulai ke sana,” kata Jokowi.

“Ya nanti ada yang namanya ERP itu mengatur nanti. Sehingga orang mau tidak mau masuk ke koda transportasi massal. Nanti itu diatur oleh Gubernur DKI,” imbuh dia.

Jokowi juga mengatakan dia beserta jajaran menteri Kabinet Kerja dan kepala daerah se-Jabodetabek sepakat akan membentuk entitas baru bidang transportasi. Dengan demikian diharapkan transportasi di Jabodetabek akan lebih fleksibel.

“Tadi sudah kita sepakati dengan Pemprov DKI Pak Gubernur, Gubernur Jabar, Wali Kota Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang, Tangsel, sepakat bahwa kita akan membentuk entitas baru. Sehingga lebih fleksibel, pembangunannya tidak birokratis, bisa cepat, sehingga tadi angka Rp 571 triliun tadi segera bisa simpel tanpa prosedur yang ruwet,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Link Alternatif Daftar Brovegas

Link Alternatif Daftar Brovegas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *