CARA MUDAH MENJAGA KESEHATAN TULANG

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tulang

Kencanbuta.org – Pengeroposan pada tulang dapat mengurangi kualitas hidup. Hal ini terjadi karena beberapa faktor. Nah, untuk memiliki tulang yang sehat, ada berbagai hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan menghindari beberapa asupan tertentu.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tulang

Menurut Balvinder Rana, MS Orthopaedics di Fortis Escorts Research Institute, salah satu penyebab pengeroposan pada tulang adalah mengkonsumsi terlalu banyak makanan seperti garam, soda, kopi, dan cokelat.

“Mengkonsumsi garam bisa menyebabkan hilangnya kalsium. Karena urine yang keluar melepas kalsium dan efek jangka panjangnya dapat menyebabkan osteoporosis,” tutur Rana dikutip dari Fox News.

HKB Gaming

beberapa studi memperlihatkan pengurangan konsumsi garam dari 10 sampai 15 gram per hari memiliki efek yang sama dengan peningkatan kalsium dalam tubuh sebesar 1.000 gram per hari.

“Untuk soda juga dikhawatirkan karena bisa merusak pembentukan tulang selama masa kanak-kanak dan remaja karena dapat menurunkan kadar magnesium. Kandungan fosfor dalam soda juga membatasi kemampuan tubuh memanfaatkan kalsium,” sambung Rana.

Sementara, untuk konsumsi kopi berlebihan dikatakan Rana bisa menurunkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Rana memberikan saran untuk mengganti kopi dengan teh karena menurut penelitian, orang yang mengkonsumsi kopi berisiko lebih rendah mengalami patah tulang.

HKB Gaming

“Mengkonsumsi alkohol terlalu banyak juga bisa membuat tulang menjadi keropos. Alkohol juga mempengaruhi hati sehingga mempengaruhi fungsi vitamin D (vitamin tulang) dan menyebabkan tulang menjadi lemah,” sambung Rana.

Yang terakhir adalah cokelat. Rana mengatakan, sebuah studi memperlihatkan wanita yang lebih banyak mengkonsumsi cokelat setiap hari berisiko memiliki tulang yang lebih lemah dibandingkan wanita dengan jumlah konsumsi cokelat lebih sedikit.

BACA JUGA :

Sedangkan menurut Pamela Hinton, PhD dari University of Missouri pengeroposan tulang bisa dikurangi risikonya dengan olahraga seperti berlari dan latihan angkat beban. Pada dasarnya tulang akan terus menyesuaikan diri dan menjadi kuat jika selalu melakukan latihan fisik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *