Apa Benar Semakin Canggih Teknologi, Semakin Bodoh Penggunanya?

Apa Benar Semakin Canggih Teknologi, Semakin Bodoh Penggunanya?

Pada dasarnya teknologi adalah wadah yang digunakan oleh manusia untuk menciptakan berbagai hal baru yang nantinya dapat memudahkan berbagai pekerjaan manusia. Teknologi sendiri sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia.

Di zaman modern seperti sekarang ini, perkembangan teknologi sudah sangat pesat sehingga terkadang memunculkan perdebatan apakah teknologi itu sendiri dapat mengalahkan manusia? Apakah manusia kini semakin dibodohi oleh teknologi modern? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kali ini saya akan memberikan sedikit pencerahan untuk para pengunjung setia Jalantikus, jadi silakan disimak baik-baik.

Jaya-Bet-728x90

Baca Juga:

Apa Benar Semakin Canggih Teknologi, Semakin Bodoh Penggunanya?

1. Sisi Negatif

Jika dipandang dari sisi negatif, teknologi memang belakangan ini semakin menunjukkan berbagai dampak negatif yang banyak sekali tidak disadari oleh manusia di antaranya:

  • Teknologi pesan singkat atau chatting yang saat ini digandrungi memunculkan masalah tersendiri yaitu rusaknya tatanan bahasa manusia yang diakibatkan oleh berbagai singkatan yang sering sekali digunakan manusia ketika berkomunikasi seperti ‘btw, omg, yg, gws, mrk, krn‘ dan lain sebagainya. Memang singkatan tersebut lebih memudahkan dalam hal efisiensi waktu pengetikkan teks namun tentu saja secara teori hal ini justru merusak tatanan bahasa manusia.

    Kencanbuta teknologi

  • Hal lain yang menjadi perhatian adalah penggunaan mesin pencari seperti Google yang secara tidak sadar membuat banyak sekali manusia perlahan-lahan enggan menyimpan suatu informasi di dalam otak mereka karena menganggap seluruh informasi yang dibutuhkan ada di Google. Ayolah, masa kalian mau kalah dengan mesin?

    Jaya-Bet-728x90

  • Masalah yang paling menjadi perhatian belakangan ini adalah penyalahgunaan sosial media yang kini banyak digunakan untuk menyebarkan berita bohong (hoax) atau  berbagai konten negatif lainnya. Tentunya hal seperti ini sangatlah buruk dan dapat menimbulkan masalah yang lebih besar seperti perpecahan dan rusaknya moral serta mental manusia

    Kencanbuta-teknologi-hoax

Jaya-Bet-728x90

2. Sisi Positif

Terlepas dari berbagai keburukan teknologi modern, banyak pihak yang masih optimis kalau teknologi justru akan membuat manusia semakin cerdas misalnya:

  • Perkembangan teknologi membuat manusia semakin mudah mengakses berbagai pengetahuan, yang mana pengetahuan tersebut dapat digunakan oleh manusia untuk meningkatkan produktivitas serta kemampuan individu mereka, contohnya orang yang belajar karate atau pemrograman dari internet.
  • Selain itu, teknologi yang terus berkembang juga memicu suatu hasrat ingin tahu yang dimiliki setiap manusia untuk terus berinovasi demi mendapatkan kemudahan dan juga kebanggaan.

    kencanbuta-teknologi-inovasiJika melihat penjelasan di atas, memang ada benarnya juga jika teknologi disebut membodohi manusia namun tidak sepenuhnya. Kenapa? Karena teknologi merupakan hasil karya manusia yang mendapat restu dari Sang Pencipta dan semua tergantung pada manusia itu sendiri untuk memanfaatkan dan mengendalikan teknologi yang mereka buat agar bisa bermanfaat dan tentunya tidak melewati batas. Bagaimana pendapat kalian?

Jaya-Bet-728x90

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *