Alasan Kenapa Harus Tersenyum saat Foto untuk Paspor

Alasan Kenapa Harus Tersenyum saat Foto untuk Paspor

Alasan Kenapa Harus Tersenyum saat Foto untuk Paspor – Sebuah penelitian belum lama ini mengungkapkan, bahwa ketika foto untuk pembuatan paspor sebaiknya dengan wajah yang tersenyum. Bukan tanpa alasan, foto dengan ekspresi tersenyum ternyata memiliki arti penting.

Dilansir dari laman berita terpercaya, University of York mempelajari berbagai ekpsresi saat mengidentifikasi orang melalui foto. Para peneliti juga melibatkan 40 orang dan meminta mereka untuk melihat 60 foto orang asing.

Alasan Kenapa Harus Tersenyum saat Foto untuk Paspor

Setiap peserta akan ditunjukkan foto berwajah netral dengan senyum mulut terbuka. Serta ditunjukkan pula foto dengan ekspresi netral dan senyum mulut tertutup atau tidak terlihat gigi.

Hasilnya studi ini menunjukan jika mengidentifikasi foto dengan wajah netral lebih sulit. Sebaliknya, peserta lebih mudah mengidentifikasi bila foto memiliki raut wajah yang tersenyum.

Lihat juga :

“Foto ID adalah bagian paling penting dari identitas seseorang dan kita tahu bahwa otak manusia sulit untuk mencocokkan dua objek yang terlihat nyaris sama,” ujar Dr Mila Mileva dari Departemen Psikologi.

Banyak peserta yang mampu mengidentifikasi seseorang dengan raut wajah yang tersenyum. Baik ketika peserta melihat dua gambar dari orang yang sama dengan ekspresi berbeda atau membandingan dua gambar orang yang terlihat serupa.

BANDAR POKER ONLINE

Para peneliti juga menambahkan bahwa foto tersenyum mampu membantu petugas imigrasi saat memeriksa paspor. Hal ini sekaligus dapat mengurasi risiko penipuan.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa mengganti ekspresi netral yang biasanya kita gunakan ketika mengambil foto identitas dengan senyum mulut terbuka dapat membuat wajah lebih mudah dikenali,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *