1241235

Ahok Tak Mau Ambil Pusing Terkait Pernyataan Rizieq

Kencanbuta.org – Kuasa Hukum dari terpidana kasus penodaan agama Josefina Agatha Syukur tidak memperdulikan perihal komentar Imam Besar FPI, Habib Rizieq Syihab soal upaya peninjauan kembali (PK) kliennya. Menurutnya, pengajuan PK oleh Ahok sudah sesuai aturan yang berlaku di Indonesia.

“Tidak ada mempermainkan hukum di sini. Itukan upaya hukum yang memang diizinkan oleh hukum di Indonesia. Kalau kita mau bikin apa, secara hukum diperbolehkan ya kita jalankan. Pak Ahok nggak salah kok, mau ngajukan PK itu haknya beliau.” kata Josefina di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2018).

Selain itu, Josefina juga menjelaskan kenapa Ahok tidak melalui proses banding terlebih dulu, Menurut dirinya saat selesai persidangan kemarin pihak pengacara sudah mengajukan banding, namun pak Ahok meminta dicabut.

“Ya namanya orang mau tanggapan seperti apapun ya terserah dia. Waktu itu kan beda kondisinya, kita bukannya nggak mau banding. Pihak pengacara bahkan sudah mendaftarkan proses  banding waktu itu. Kemudian dari pihak pak Ahok sendiri bilang dicabut ya dicabut. Bahwa sekarang ke PK pasti ada pembicaraan kita,” ujarnya.

SBCC-728x90

Josefina mengatakan Ahok bukanlah pecundang karena mengajukan PK. Menurutnya, pecundang itu adalah pihak yang tidak berani pulang atau melarikan diri keluar negeri karena takut untuk di hukum.

“Dibilang pecundang, aduh lucu sekali. Itu kan memang upaya hukum yang disediakan. Hukum mengizinkan kita untuk mengikuti upaya ini. Sebenarnya siapa yang pecundang di sini, yang ikut aturan atau yang melarikan diri karena takut di hukum?. Kan simpel sekali kalau ikut aturan masa kita dibilang pecundang. Kalau tidak mengikuti aturan ya bisa dibilang pecundang,” ujarnya.

Dirinya pun tidak memiliki masalah kalau ada aksi untuk menolak PK Ahok. Menurutnya, hakim tak akan terganggu.

“Itu kan haknya mereka. Yang penting kita melakukan sesuai hukum dan undang undang berlaku. Saya percaya hakim tidak akan terganggu,” ucapnya.

SBCC-728x90

Sebelumnya, meski terus menunda kepulangannya, Habib Rizieq menegaskan bahwa dirinya akan terus berupaya untuk pulang ke Indonesia. Salah satu penyebab utamanya karena Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan mengajukan PK terkait kasus penodaan agama.

Menurut Rizieq, Ahok tidak bisa mengajukan peninjauan kembali (PK) di MA karena telah menerima putusan di persidangan dan tidak perna mengajukan banding.

“Aturan yang ada di Mahkamah Agung sudah jelas, bahwa suatu kasus yang tidak melalui proses banding dan kasasi tidak bisa dan tidak boleh diajukan PK. Ingat, Ahok tidak pernah banding maupun kasasi sehingga PK-nya wajib ditolak demi tegaknya hukum,” ujar Rizieq lewat rekaman pembicaraan melalui telepon yang diperdengarkan di Masjid Baitul Amal, Cengkareng, Jakarta Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *