lo

5 Hal Yang Harus Kamu Lakukan saat Gempa Terjadi

KencanButa –  Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki potensi alam yang berlimpah. Tepat berada di garis Khatulistiwa membuat Indonesia dikelilingi oleh laut dan pegunungan yang memukau.

Namun, dibalik indahnya kekayaan alam yang dimiliki, ada satu hal yang rentan mengancam Indonesia, yaitu gempa. Letak geografisnya yang diapit oleh dua Samudera besar dunia, Indonesia berada pada pertemuan lempeng utama dunia, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Ppasifik, dan lempeng Indo-Australia. Hal inilah yang menjadi alasan Indonesia termasuk ke dalam negara yang rawan gempa dan tsunami.

Untuk itulah, masyarakat Indonesia dituntut untuk selalu waspada mengantisipasi gempa, karena bencana ini bisa terjadi kapan saja. Lantas, bagaimana jika gempa tiba-tiba terjadi? Apa yang harus dilakukan?

Tak perlu khawatir, berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan saat terjadi gempa dan tsunami:
1. Jangan Panik dan Tetap Tenang

1

Ketika kamu berada di dalam ruangan, secara tenang berjalanlah keluar. Apabila kamu di luar ruangan, maka bergeraklah menuju tanah yang lapang dan jauh dari bangunan.

Apabila terjadi indikasi tsunami, dan disekitarmu terdapat bangunan tinggi, maka bergeraklah menuju lantai teratas. Tetap tenang adalah kunci utamanya. Apabila kamu panik, tak hanya dapat membahayakan diri sendiri, kamu pun dapat membahayakan orang lain.

rg0.c4s1n0

2. Apabila di Dalam Ruangan, Cari Perabot Berat

2

Jika kamu sedang di dalam ruangan dan tidak memungkinkan untuk segera turun, berdirilah di dinding pada tengah bangunan atau merangkak kedalam furnitur yang berat, seperti meja. Menjauhlah dari jendela dan dinding luar, karena lebih rawan untuk terjadinya reruntuhan.

3. Apabila di Luar Ruangan, Menjauhlah dari Bangunan

3

SIMAK JUGA: 7 PERAWATAN TUBUH SANDIAGA UNO DARI UJUNG KAKI SAMPAI KEPALA

Jika kamu sudah berada di laur ruangan, menjauhlah dari tiang listrik, tiang lampu, dan bangunan yang dapat menyebabkan runtuh.

Coba lah untuk mencari tanah yang lapang. Namun, ketika ada tsunami, bergeraklah ke dataran yang lebih tinggi.

rg0.c4s1n0

4. Berhentikan Mobil

4

Apabila kamu sedang dalam perjalanan dan berada di dalam mobil, segera berhentikan mobil dan menepi.

Berdiam di dalam mobil bisa menjadi ide yang baik, namun perhatikan di mana kamu sedang menepi. Jauhi sekitar pohon, bangunan, dan tiang listrik.

Namun, apabila kamu berkendara di bibir pantai, segeralah berhenti dan pindah ke bangunan terdekat yang tinggi. Kamu akan lebih aman berada pada bangunan tinggi saat terdapat tsunami.

5. Jangan Gunakan Lift dan Api

5

Hal ini tidak akan efektif, ketika terjadi gempa bumi, listrik cenderung mati dan kamu akan terperangkap didalamnya. Gunakanlah tangga darurat dan tetap tenang.

Saat gempa, matikan segala aktifitas yang membutuhkan api, termasuk lilin dan gas. Kalau kamu sedang merokok, segera matikan rokok tersebut dan fokuslah untuk menyelamatkan diri.

Tetaplah tenang, keselamatanmu adalah yang paling penting.

rg0.c4s1n0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *