10 Tradisi Tahun Baru Unik di Dunia

 KencanButa – Pergantian tahun menjadi momen yang disambut meriah oleh dunia. Tepat tanggal 31 Desember, berbagai perayaan dilaksanakan mulai dari yang paling jamak dilakukan seperti pesta kembang api.

Uniknya, selain pesta kembang api, setiap negara memiliki tradisi tersendiri untuk merayakan momen tahun baru, termasuk Indonesia.

Ini tradisi unik negara-negara di dunia untuk momen tahun baru:

1. Indonesia

Berkumpul bersama keluarga rasanya kurang lengkap jika tidak memasak bersama. Uniknya teknik memasak bakar atau panggang yang identik dengan momen tahun baru.

Teknik memasak bakar memang melibatkan lebih banyak orang untuk memasak, ketimbang teknik memasak lainnya. Selain itu, bara api di malam hari membuat suasana menjadi lebih hangat.

2. Spanyol

Saat pergantian tahun baru, masyarakat Spanyol memiliki tradisi makan 12 butir anggur. Mereka percaya, makan 12 buah anggur saat pergantian tahun akan mendatangkan keberuntungan di tahun yang baru.

3. Denmark

Jangan kaget jika ke Denmark pada pergantian malam tahun baru, akan ramai dengan lemparan piring dan perabotan pecah belah. Masyarakat Denmark memiliki tradisi melempar perabot pecah belah ke pintu rumah keluarga dan teman.

Keluarga yang memiliki tumpukan sampah perabot pecah belah paling tinggi dinilai sebagai yang paling beruntung. Hal itu dianggap karena memiliki banyak keluarga dan teman dekat untuk mendukung di tahun mendatang.

SIMAK JUGA: TRAGIS, DOKTER PENGGAL KEPALA BAYI SAAT PROSES PERSALINAN

4. Ekuador

Merayakan tahun baru, masyarakat Ekuador akan ramai-ramai membakar orang-orangan sawah di tengah malam. Mereka juga akan membakar foto dari tahun sebelumnya sebagai pertanda membuang kesialan di tahun sebelum dan mendatangkan keberuntungan di tahun baru.

s3p4kb0l3.cc

5. Amerika Selatan

Di beberapa negara Amerika Selatan, mengenakan celana dalam berwarna cerah, melambangkan harapan di tahun baru. Seperti celana dalam merah yang berarti akan menemukan cinta, warna kuning menemukan kekayaan, dan putih menemukan kedamaian.

6. Jepang

Orang Jepang memiliki tradisi berkunjung ke kuil saat pergantian tahun baru, kemudian ramai-ramai mendengarkan lonceng kuil yang dibunyikan sebanyak 108 kali. Hal ini dipercaya mendatangkan kedamaian dan kebahagiaan di tahun baru.

Pagi hari, di hari pertama tahun baru keluarga akan berkumpul bersama untuk menyantap mi soba sebagai lambang keberuntungan.

7. Amerika Serikat

Amerika Serikat juga punya tradisi aneh di malam pergantian tahun, yakni melihat sesuatu yang jatuh. Pusatnya berada di New York Times Square untuk melihat bola dijatuhkan.

Sebenarnya tradisi ini ada sejak tahun 1904, ketika kala itu pesta kembang api tidak diperbolehkan. Tradisi lain saat pergantian tahun baru, adalah saling berciuman. Masyarakat percaya barang siapa yang tak berciuman, akan menghabiskan sepanjang tahun baru dalam kesendirian.

8. Rusia

Masyarakat Rusia punya kebiasaan unik untuk menulis harapannya di selembar kertas kecil, kemudian membakar, dan menaruhnya di gelas, lantas diminum bersama minuman beralkohol. Semua harus dilakukan sebelum pukul 00.01 tengah malam.

9. Chili

Menginap di hotel saat pergantian tahun baru mungkin sudah biasa, tetapi orang Chili memilih untuk menginap di kuburan. Mereka percaya ini dilakukan untuk menemani orang tercinta yang telah tiada agar tidak kesepian di pergantian tahun baru.

10. Siberia

Lompat ke danau yang beku sambil membawa batang pohon dilakukan oleh masyarakat Siberia untuk merayakan tahun baru.

SUBSCRIBE KLIK DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *